Pesantren Hamalatul Quran Al-Falakiyah Bogor

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Hamalatul Quran Al-Falakiyah Bogor
Sumber Gambar: Foto istimewa

Profil

Pondok Pesantren Al-Falak terletak di Pagentongan, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Pondok Pesantren Al-Falak telah berdiri sejak tahun 1901 (atau mungkin sebelum itu...?) oleh Almaghfurlah KH.Tb.Muhammad Falak Abbas atau biasa dikenal dengan Abah Falak. Karena pada saat itu, berdirinya sebuah pesantren selalu seiring dengan seorang tokoh ulama yang mulai berdakwah di daerah tempatnya tinggal dan sekitarnya.

Pondok pesantren Al Falak Pagentongan tergolong pondok pesantren Nahdliyin yang utamanya berorientasi pada kajian kitab kuning dan juga tahfidz qur’an. Namun sudah dimodernisasi dengan adanya pembiasaan berbahasa arab dan inggris dalam kegiatan sehari – hari santri.

Di bidang pendidikan formal ada 3 jenjang pendidikan yang terdiri dari madrasah ibtidaiyah (santri non mukim), madrasah tsanawiyah (MTs) dan madrasah aliyah (MA) yang mewajibkan santri untuk bermukim di pondok pesantren.

Sedangkan untuk pendidikan non formalnya sendiri ada madrasah diniyah (kajian kitab kuning klasik) dengan berbagai tingkatan, yang dimulai dari Ibtida, Mutawasithah, hingga Ulya.

Kajian kitabnya juga bermacam-macam. Yang dimulai dari Safinatun Najah, Fathul Qorib, Fathul Muin, hingga yang paling tinggi Tafsir Jalalain yang langsung diajarkan oleh kyai di Pondok Pesantren Al Falak Bogor.

Sejarah

Pesantren Al Falak Bogor merupakan salah satu pesantren tertua yang bahkan sudah berdiri kokoh sejak tahun 1901 silam. Alumninya sudah ribuan dan tersebar di banyak daerah. Pesantren ini didirikan oleh KH. Tubagus Muhammad Falak Abbas atau yang dikenal dengan nama Abah Falak, seorang alim ulama besar dari Banten yang masyhur namanya di kalangan masyarakat yang mendirikan merintis berdirinya Ponpes Al Falak.

Sebelumnya pondok pesantren ini memiliki nama Pesantren Pagentongan (sesuai dengan nama lokasi) namun akhirnya karena hal administratif berubah nama menjadi Pondok pesantren Al Falak.

Sedangkan menurut sejarah keluarga, bahwa KH.Tb.Muhammad Falak Abbas hijrah dari Sabi, Pandeglang ke Pagentongan pada tahun 1878 dan kemudian bermukim di Pagentongan ini. Selanjutnya Abah Falak menikah dengan seorang putri Pagentongan yang bernama Siti Fatimah dan mempunyai seorang putra tunggal yang bernama Tb.Muhammad Thohir Falak yang lebih dikenal dengan sebutan Bapak Aceng.

Pada hari Rabu tanggal 8 Jumadil 'Akhir 1392 / 19 Juli 1972, Abah Falak berpulang ke Rahmatullah di usianya yang ke 130 tahun. Beliau di makamkan di belakang rumahnya, dan kini menjadi Pemakaman Bani Falak. Sedangkan Bapak Aceng menyusul berpulang ke Rahmatullah pada tahun 1976. Pada tahun 1996, menyusul lagi putranya Bapak Aceng yaitu Almaghfurlah KH.Tb.Atung Zaini Dahlan, yang sangat memperhatikan keberadaan pondok pesantren Al-Falak.

Sekarang Pondok Pesantren Al-Falak dikelola oleh buyutnya (generasi IV) Abah Falak yang tinggal di Pagentongan, dan Pondok Pesantren Al-Falak tetap konsisten untuk membantu pemerintah dalam membangun sumber daya manusia yang sangat islami, insya Allah. 

Pendiri
KH.Tb.Muhammad Falak Abbas

Pengasuh

  1. KH.Tb.Muhammad Falak Abbas
  2. KH. Tb.Muhammad Thohir Falak
  3. KH.Tb.Atung Zaini Dahlan
  4. KH. Asep Zulfiqor

Pendidikan

Pendidikan Formal: 
1. Madrasah Ibtidaiyah Madrasah
2. Madrasah Tsanawiyah
3. Madrasah Aliyah

Pendidikan Informal: 
1. Madrasah Diniyah
2. Tahfidz Alqur'an

Ekstrakurikuler

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut
1. Kajian kitab-kitab kuning
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Muhadats Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
4. Muhadlarah
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Pramuka
7. Pengembangan Olahraga: Senam, Sepakbola, Basket, Voli, Bulutangkis, Tenis Meja, Silat Pagar Nusa
8. Hadrah
9. Bahtsaul Masail
10. Ziarah
11. Jurnalistik
12. Kaligrafi


Hadrah di Pesantren Hamalatul Quran Al-Falakiyah 


Pramuka di Pesantren Hamalatul Quran Al-Falakiyah 
 

       Fasilitas

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Masjid
2. Asrama santri
3. Kantor
4. Asrama pengasuh
5. Dapur
6. Gedung Madrasah
7. Lapangan
8. Koperasi santri
9. Perpustakaan
10. Sanggar Pramuka
11. Laboratorium Komputer
12. Laboratorium Bahasa
13. Lapangan Olahraga
14. Gudang
15. Sanitasi/MCK
16. Klinik kesehatan


Gedung Sekolah di Pesantren Hamalatul Quran Al-Falakiyah 
 


Gedung pesantren di Pesantren Hamalatul Quran Al-Falakiyah
 

Alamat

Jl. Kyai Falak Pagentongan No.1, RT 03 RW 07, Loji, Bogor barat, Jawa Barat
 

KUNJUNGI JUGA

 

 

 

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.