Pesantren Tapak Sunan Jakarta Timur

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Tapak Sunan Jakarta Timur

Profil
Pondok Pesantren Tapak Sunan yang terletak di Rt. 003/05 Kelurahan Balekambang Kecamatan Kramat Jati, Condet Jakarta Timur adalah sebuah pesantren yang berada di tengah perkampungan dan di lingkungan yang heterogen, baik dalam segi mata pencaharian maupun dari segi kebuayaan. Keberadaan Pondok Pesantren Tapak Sunan berjalan melalui proses panjang.

Awalnya merupakan kelompok pengajian di langgar atau musholla-musholla di wilayah DKI Jakarta yang dipimpin oleh KH. Drs.Muhammad Nuruddin Munawwar dalam bentuk majlis ta’lim yang berjumlah 27 (dua puluh tujuh) buah yang pada saat itu berada di bawah naungan Yayasan Ittihadul Anwar. Selain pengajian rutin tiap minggunya, melalui Yayasan Ittihadul Anwar diadakan pula pengajian bulanan yang dilaksanakan setiap awal bulan.

Karena pada saat itu Yayasan Ittihadul Anwar tidak memiliki tempat untuk menampung jamaah dari 27 (dua puluh tujuh) majlis ta’lim yang ada di bawah naungannya, maka dalam melaksanakan kegiatan pengajian bulanan tersebut menyewa Gedung Bamus Betawi. Setelah berjalan satu tahun pengajian bulanan dengan menyewa gedung Bamus Betawi, ada keinginan dari pimpinan untuk mendirikan tempat sendiri dalam bentuk pondok pesantren.

Maka mulailah dicari daerah yang cocok untuk dibangun tempat yang dimaksud. Setelah beberapa kali KH. Drs. Muhammad Nuruddin Munawwar melakukan istikharah, maka didapati daerah yang cocok untuk membangun tempat pengajian bulanan dan mendirikan pondok pesantren adalah tanah H. Yahya yang berada di daerah Condet. Mengapa diberi nama Tapak Sunan? Mungkin itu pertanyaan yang sering terlontarkan ketika orang pertama kali mendengar bahwa Tapak Sunan adalah nama sebuah Pondok Pesantren.

Berdasarkan cerita dan sejarah Condet yang sering dilalui para sunan atau wali yang melalui sungai Ciliwung, jadi daerah ini telah ditapaki para sunan. Oleh karena itu untuk mengingat jasa mereka yang telah menyebarkan Islam di tanah Jawa maka pesantren yang berada di daerah yang pernah mereka tapaki ini diberi nama “Tapak Sunan”. Selain itu, pemberian nama Tapak Sunan untuk juga diilhami dari keinginan Drs. KH. Muhammad Nuruddin Munawwar, yaitu agar santri-santri yang mondok di pesantren ini dapat mengikuti jejak para sunan yang memiliki tekad kuat dalam mendakwahkan ajaran Islam. 

Visi dan Misi
Visi:
"Memasyarakat, memiliki wawasan ke depan, bersikap agamis, berkemampuan ilmiah-diniah, terampil dan berakhlakul karimah."

  Misi:
- Mencetak sumber daya manusia yang berguna bagi seluruh lapisan masyarakat.
- Menciptakan calon agamawan yang berilmu.
- Menciptakan calon ilmuwan yang beragama.
- Menciptakan tenaga terampil, profesional dan agamis
- Melestarikan dakwah Islamiyah
- Mengamalkan ilmu dalam kehidupan sehari-hari dengan berpegang teguh pada ketauhidan dan akhlak islami

Pendidikan
Pendidikan Formal
1. Raudhatul Athfal (RA)
2. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA)

3. Madrasah Diniyyah (MD)
4. Sekolah Dasar Islam Tapak Sunan (SDITS)
5. Madrasah Tsanawiyah (MTs) terakreditasi A
6. Madrasah Aliyah (MA) terakreditasi A

Pendidikan Salafiyah
Pendidikan yang berbasis pada kurikulum Pesantren dengan menggunakan kitab-kitab salaf (kitab kuning). Materi kajian antara lain: Nahwu, Shorof, Tauhid, Akhlak, Fiqih, Hadits, Tafsir dan ilmu-ilmu lainnya. 



Ekstrakurikuler
Program Ekstrakurikuler 
1. Bahasa Inggris
2. Bahasa Arab
3. Drumband
4. Seni Hadroh dan Marawis
5. Tari Saman
6. Angklung
7. Muhadoroh/ Maulid Nabi/ Khoitobiyah
8. Kaligrafi
9. Basket
10. Futsal/sepakbola
11. Tenis Meja
12. Komputer
13. Pencak Silat
14. Qira’at

  Program Kegiatan Penunjang
1. Field Trip
2. Ziarah
3. Seminar/Workshop
4. Lomba/Pentas

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Alamat
Jl. Kayumanis AMD 28, RT. 003/05, No. 39 Kelurahan Balekambang, Kec. Kramat Jati,  13530 Condet, Kota Jakarta Timur-Jakarta

 Telp.(021) 80886463, (021) 8013940, 0813-1638-7736, 0895-3734-34020
 Email : info@tapaksunan.sch.id

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi web: tapaksunan.org

 

             

         

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.


 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.