Pesantren Darunnajah, Tanjungsari, Banyuwangi

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Darunnajah, Tanjungsari, Banyuwangi

Profil
Pondok Pesantren Darunnajah didirikan oleh KH. Hudan Dardiri Salam dan dibantu H. Zainuddin di atas tanah wakaf seluas 2,5Ha. Bermula KH. Hudan Dardiri Salam mengajarkan membaca Al Qur’an dan beberapa kitab dasar kepada para pemuda masyarakat sekitar, dan diikuti pula oleh para santri yang dulu pernah diajar di Pondok Pesantren Darussalam Bloakagung.

Pondok Pesantren Darunnajah berlokasi di Jl. Rahmat Agung Krajan RT/RW. 01/10, Tanjungsari Sraten Cluring, Kab. Banyuwangi - Jawa Timur. Pondok Pesantren Darunnajah diasuh oleh KH. Hudan Dardiri Salam.

Saat ini Pondok Pesantren Darunnajah telah berkembang pesat dengan didirikan lembaga pendidikan formal di antaranya: MA Darunnajah, SMP Darunnajah, PAUD, dan TK Hidayatulloh.

Sejarah
Pondok Pesantren Darunnajah dibangun di atas tanah wakaf seluas + 2,5 Ha. Dengan batas area sebelah barat dan utara lahan persawahan + 250 Ha. sedang sebelah timur dan selatan lokasi perumahan.  didirikan pada tanggal, 13 Oktober 1983 dengan tokoh pendirinya KH. Hudan Dardiri Salam dan dibantu oleh Al-Marhum H. ZAINUDIN.

Pada tahun 1980 Kyai Dardiri telah mengawali perintisan berdirinya Pondok Pesantren Darunnajah sejak pindah dari Pondok Pesantren Darussalam Blokagung. Perjuangan Kyai Dardiri dimulai dari Mushola milik Mbah Sarji yang sebelumnya sudah berdiri. Mula-mula beliau mengajarkan membaca Al Qur’an dan beberapa kitab dasar kepada para pemuda masyarakat sekitar, dan diikuti pula oleh para santri yang dulu pernah diajar di Pondok Pesantren Darussalam Bloakagung.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.