Pesantren Darussalam, Bukateja, Purbalingga

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Darussalam, Bukateja, Purbalingga

Profil

Pondok pesantren ini terletak di wilayah timur Kabupaten Purbalingga. Kurang lebih lima belas kilometer dari Kota Purbalingga. Dari Kecamatan Bukateja orang yang akan berkunjung atau mondok ke Pondok pesantren ini cukup naik becak atau naik angkutan pedesaan dari Kecamatan Bukateja, sekitar 3 kilometer arah timur dari kecamatan Bukateja. Pondok Pesantren ini terletak di dusun Kembaran Desa Cipawon Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah.

Awal mula berdirinya pondok pesantren Darussalam ini terinsipirasi oleh pesan dan perintah dari sang guru besar Al maghfurlah KH. Mukhtar Syafaat Abdul Ghofur pengasuh pondok pesantren Darussalam, Blok Agung, Banyuwangi, Jawa Timur kepada KH. Abdul Ghofur Arifin, untuk mendirikan sebuah pesantren,”lhe, nak wes mulih gaweo tenger, ora usah kuwatir, coro endok kowe iseh tak angremi, nak wes wayae mesti netes”. Begitulah pesan beliau kepada sang murid yang kebetulan menjadi khadamnya selama bertahun-tahun sehingga banyak mendapatkan pelajaran khusus dan pesan-pesan penuh makna secara langsung.

Berbekal pesan-pesan dan timbaan ilmu dari sang guru, Sepulangnya dari pesantren KH. Abdul Ghofur Arifin mulai mendirikan sebuah majlis taklim untuk kalangan muslimat setempat pada tahun 1983. Lambat laun majelis taklim itu semakin berkembang dan banyak diminati oleh masyarakat sekitar bahkan santri dari luar daerah mulai berdatangan sehingga setahun kemudian didirikanlah pondok pesantren yang dinamai Darul Muttaqin.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.