Pesantren Miftahul Huda Peron, Kendal

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP0
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Miftahul Huda Peron, Kendal

Profil

Sejarah Berdirinya Pondok Pesantren dan Perkembangannya. Miftahul Huda adalah salah satu pesantren yang terletak di pegunungan / kaki gunung Ungaran, berjarak lebih 50 kmarah tenggara dari Ibu Kota Kabupaten Kendal. Pesantren Miftahul Huda dirintis oleh kyai Ahmad pada tahun 1940-an yang pada awal pendiriannya memberikan nama Miftahul Huda dengan arti “Kunci Petunjuk” dikmaksudkan agar para santri nantinya menjadi anggota masyarakat yang selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT. Aminn. Latar belakang pendiriannya didasari adanya krisis pendidikan pada masyarakat sekitar, terutama pendidikan agama yang sangat memeprihatinkan.

Pada awalnya kegiatan pesanten dipusatkan di rumah kyai Ahmad yang berada disamping masjid desa Peron. Materi yang diajarkan pun hanya materi keagamaan yang bersifat dasar yakni meliputi pengetahuan Tauhid, Ibadah, Baca Tulis Al-Qur’an dan pelajaran kitab-kitab klasik dengan system sorogan. Karena para santri semakin bertanbah banyak yang datang dari lain kabupaten seperti dari Kabupaten Magelang, Temanggung, Semarang, dan Batang dan juga dari luar jawa.

Maka dibuatlah tempat (pondok) yang sangat sederhana dari bahan kayu dan bambu yang diperuntukkan sebagai tempat belajar dan asrama santri. Pada periode berikutnya karena Kyai Ahmad tidak mempunyai keturunan dan telah wafat pada tahun 1879, maka pesantren yang kecil ini diteruskan oleh para keponakannya diantaranya adalah KH. M. Muafiq. Pada tahun 1979 sistem pendidikan salaf diatur secara klasikal. Dengan kegigihan Bp. KH. Muafiq, maka pesantren yang kecil ini sedikit demi sedikit bisa berkembang baik dibidang pendidikan atau fisiknya.

Seiring dengan perkembangan waktu dan bertambahnya para santri yang berdatangan, maka pada tahun 1983 BP. KH. Muafiq selaku penerus munculah ide mengembangkan pendidikan formal yakni mendirikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang murid-muridnya berawal dari para santri, dengan penuh kesabaran pengasuh dan para ustadz, MTs ini berkembang dengan pesat sesuai dengan sikon. Alhamdulillah pada tahun ajaran 2008/2009 telah membuka Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), agar para santri setelah keluar dari pesantren bisa mempunyai skill dan ketrampilan kerja.

Sebagai lembaga penyiaran agama Islam, pesantren Miftahuk Huda juga banyak menyelenggarakan banyak kegiatan keagamaan, diantaranya Peringatan Hari Besar, Dakwah Islamiyah melalui pengajian rutin maupun insidental, Madrasah Diniyyah Awaliyyah (MDA), Majlis Ta’lim Ibu-Ibu (Kemisan), serta memfasilitasi pendirian jama’ah keagamaan seperti Kelompok Berjanji, Yasinan dan Tahlil.

Pendiri
KH. Ahmad Sobri

Pengasuh
KH. Ahmad Sobri
KH. M. Muafiq

Pendidikan

Unit pendidikan
1. MTs
2. SMK
3. TPQ
4. Madrasah Diniyah

Ekstrakurikuler

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:
1. Tahfidzul Qur'an
2. Kajian kitab kuning
3. Khitobah
4. Qiro’ah
5. Manaqib
6. Hadrah Al-Barjanji
7. Seni baca Al-Qur'an
8. Pramuka
9. Komputer
10 .Bahasa Arab
11. Bahasa Inggris
12. Kaligrafi
13. Silat
14. Basket
15. Voli
16. Sepakbola
17. Marching band
18. Ketrampilan hidup/Wirausaha: Perkebunan, Peternakan, Pertanian, Menjahit, Komputer, Bengkel motor, Perbankan Syariah



Hadrah di pesantren Miftahul Huda


Marching band di pesantren Miftahul Huda

Fasilitas

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:

1. Masjid
2. Gedung asrama santri
3. Gedung sekolah MTs
4. Gedung sekolah SMK
5. Kantor
6. Asrama pengasuh
7. Dapur
8. Lapangan
9. Koperasi santri
10. Perpustakaan
11. Laboratorium komputer
12. Laboratorium bahasa
13. Laboratorium IPA
14. Bank mini
15. Balai Praktek Bengkel
16. Aula
17. Poskestren
18. Sanitasi/MCK


Gedung sekolah di pesantren Miftahul Huda


Laboratorium komputer di pesantren Miftahul Huda

Alamat

Peron, Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah
Kode Pos: 51383

Telepon : 0813-2558-1541, 0822-4386-6663
             
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi https:
//pondokpesantrenmifdaperon.wordpress.com 
https://www.smkmifdakendal.sch.id/
https://mifdaperon.blogspot.com/      

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

 

 

 

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.