Pesantren Mamba'ul Hikam Blitar

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP2
MA/SMA2 Maly/Univ.1
Tahfidz0 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Mamba'ul Hikam Blitar

Profil
Pondok Pesantren Mambaul Hikam berdiri sejak tahun 1907, didirikan oleh KH. Abdul Ghofur. Beliau adalah putra dari Kiai Asnawi dan Nyai Sholihah yang berasal dari Desa Blangkah, Kecamatan Pakis, Kabupaten Trenggalek. Beliau adalah seorang yang sangat alim dan menguasai banyak bidang keilmuan. menurut riwayatnya beliau pernah mondok diberbagai pondok pesantren diantaranya Ponpes Mangunsari Nganjuk dan Juga Ponpes Mablong Kediri.

Menurut riwayatnya, KH. Abdul Ghafur sebenarnya adalah seorang putra mantu dari seorang kaya dan sangat dermawan yang bernama H. Munajat. Melihat kesalehan serta kealiman yang dimiliki Abdul Ghofur kemudian H. Munajat mengambilnya sebagai putra mantu.

“Menurut sejarah, dulunya masyarakat sini tidak seperti mertuanya yaitu Mbah Munajat, masyarakat sekitar masih cenderung islamnya abangan bisa dikatakan seperti itu. Terus Mbah Kiai Abdul Ghofur melakukan pendekatan pada masyarakat masih pada ranah manusiawi, dan pendekatan sosial, belum pada mengajak ke ibadah dan keimanan,” tutur Muhammad Dhuhri (41), Lurah di Pondok Pesantren Mambaul Hikam.

Melihat fakta sosial keagamaan masyarakat sekitar yang masih memprihatinkan, Abdul Ghofur merasa terpanggil untuk membenahi keadaan. Tuntutan dan tanggung jawab keilmuan beliau diaplikasikan dengan merintis dakwah yang diawali dengan mendirikan Musholla atau Langgar kecil. Dengan modal dasar mendirikan tempat beribadah berupa mushola inilah KH. Abdul Ghofur mulai berdakwah dengan sistem bersilaturahmi ke rumah-rumah warga untuk memberikan pemahaman nilai-nilai keislaman serta mengajak masyarakat untuk beribadah dan mengaji di musholla.

Upaya dakwah KH. Abdul Ghofur lambat laun semakin nyata hasilnya, pengajian yang beliau rintis tidak hanya diikuti oleh anak-anak dan warga sekitar, namun juga banyak warga desa sekitar utamanaya Desa Mantenan. Dengan dibantu warga pada tahun 1911 mulai membangun masjid dan juga pondokkan kecil untuk menampung santrinya yang semakin bertambah.

“Lama kelamaan masyarakat yang dulunya abangan itu mengarahkan anaknya untuk belajar Al Quran dan tata cara beribadah di Mbah Kiai dan lama kelamaan semakin banyak dan masyarakat mengajak Mbah Kiai untuk membangun sebuah asrama atau pondokan itu,” ungkap Dhuhri.

Pesantren salaf ini lebih dikenal dengan sebutan Pondok Mantenan kendati tidak berada di desa tersebut. Hal ini terjadi lantaran masyarakat Mantenan lah yang banyak berperan kala awal pendirian masjid dan pesantren. Sedangkan masyarakat Slemanan yang kala itu masih belum begitu mengenal Islam, kurang memberikan sumbangsihnya. Sehingga Pondok Pesantren Mambaul Hikam lebih dikenal dengan sebutan Pondok Mantenan.

Selain itu, Dhuhri meceritakan masa-masa perjuangan KH. Abdul Ghofur dalam mengenalkan masyarakat pada pendidikan agama, Pondok Mantenan punya keunikan tersendiri, terutama memasuki bulan suci Ramadhan yang masih terkenal hingga saat ini. Mengingat pada waktu itu masyarakat sekitar masih sulit diajak untuk beribadah secara khusyu’, KH. Abdul Ghofur menerapkan ibadah sholat tarawih cepat 23 rakaat hanya dalam 7 menit yang terkenal hingga sekarang, tanpa mengurangi syarat sah dan rukun sholat. Sholat tarawih 7 menit ini disebut-sebut sebagai yang tercepat di dunia.

Pada 1920 perkembangan Pondok Mantenan semakin pesat, untuk menunjang sarana pendidikan formal di lingkungan pondok, beberapa santri senior mengusulkan pendirian madrasah kepada KH. Abdul Ghofur. Tanpa menghapus atau mengurangi tradisi-tradisi salaf yang sudah diterapkan sejak dulu, mereka berharap diwaktu luang bisa diisi dengan membantu Kiai untuk mendidik para santri junior. Hal itu disambut baik oleh KH. Abdul Ghofur dan sistem pembelajaran tersebut banyak mendapat dukungan dari para wali santri.

Secara administratif sub pendidikan dan pembelajaran Madrasah baru diakui oleh pemerintah pada tahun 1939 dengan nama Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Oelama (MINO). Hingga pada tahun 1948 Putra dari KH. Abdul Ghofur yaitu KH. Ahmad Zubaidi atau akrab dikenal dengan sapaan Gus Bad mengusulkan pergantian nama madrasah yang semula Madrasah Ibtidaiyah Nahdlotul Ulama diganti menjadi Madrasah Mambaul Hikam hingga saat ini.

KH. Abdul Ghofur berpulang ke Rahmatullah pada tahun 1952, dan selanjutnya kepengurusan Pondok Salaf Mantenan dilanjutkan Oleh putera-puteranya yang juga tak kalah alim serta piawai dalam berdakwah.

Saat ini kepengurusan pondok pesantren mantenan telah sampai pada generasi ketiga, yaitu KH. Dliya’uddin Azzamzami Zubaidi atau Gus Dliya’ sebagai pengasuh sekaligus Kiai di Pondok Pesantren Mambaul Hikam.

Bersama adiknya KH. M. Shonhaji Nawal Karim Zubaidi atau akrab disapa Gus Shon yang terkenal sebagai Pemimpin Majlis Ta'lim Dan Dzikir Jamiyyah Shalawat Nariyyah Mustaghitsu Al-Mughits menjadikan Pondok Pesantren Salaf Mantenan semakin bekembang.

Ditengah tuntutan zaman yang serba materi dan semua ukuran keberhasilan dilihat dari ijazah dan gelar, pesantren ini telah memberikan pelajaran yang nyata. Dengan menerapkan metode pembelajaran madrasah, Pondok Pesantren Salaf Mambaul Hikam tetap bangga dan istiqamah dengan tradisi Salafiyahnya.

 

Pengasuh
1. KH. Zubaidi Abdul Ghofur
2. KH. Mirzam Sulaiman Zuhdi 
3. KH. Zubaidi
4. KH. M. Dliya’uddin Azzamzami Zubaidi
5.KH. M. Shonhaji Nawal Karim Zubaidi

Pendidikan
1. Madrasah Diniyah
2. TPQ

Ekstrakurikuler

  1. Pembinaan Tahfidz dan Tanfidz Al-Qur'an
  2. Hadrah
  3. Kajian kitab kuning
  4. Komputer
  5. Kaligrafi
  6. Pengembangan Olahraga: Sepakbola, voli, futsal, senam
  7. Silat
  8. Pengembangan jurnalistik
  9. Ziarah
  10. Istighotsah


Mutholaah kitab kuning di pesantren Mamba'ul Hikam


Takhtiman di pesantren Mamba'ul Hikam

Fasilitas

  1. Masjid
  2. Asrama santri
  3. Gedung sekolah
  4. Kantor
  5. Asrama pengasuh
  6. Dapur
  7. Lapangan
  8. Koperasi
  9. Kantin
  10. Perpustakaan
  11. Laboratorium Komputer
  12. Gudang
  13. Sanitasi/MCK
  14. Klinik kesehatan.

https://www.laduni.id/panel/themes/default/uploads/post/1mjd.jpg
Masjid di pesantren Mamba'ul Hikam


Gedung pesantren di pesantren Mamba'ul Hikam

Alamat
Jl. Raya Mantenan, Dusun Wonorejo, Desa Slemanan, Kec. Udanawu, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
Kode Pos: 66154
Telepon:
0859-5080-0507

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 

 

 

 



 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.