Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP0
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi0
Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta

Profil
Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta mulai dibangun pada tahun 1998 M atas prakarsa Bapak H. Luqman Jamal Hasibuan, seorang pengusaha kelahiran Sumatera, dan selesai akhir tahun 1999 M. Kemudian diresmikan pada tanggal 9 Februari 2000 M oleh Simbah KH. Salimi, pengasuh Pondok Pesantren As Salimiyyah Cambahan Nogotirto Sleman DIY, dengan nama Pondok Pesantren Salaf Putra Putri Asrama Perguruan Islam (API) “Al Luqmaniyyah”. Penamaan ini diambil dari nama pendiri, yaitu Bapak H. Luqman Jamal Hasibuan.

Selanjutnya, Ponpes Al Luqmaniyyah diasuh oleh Abah KH. Najib Salimi selama kurang lebih 11 tahun (2000-2011) dan sepeninggal beliau yakni tepatnya pada tanggal 02 Dzulqo’dah 1432 H / 30 September 2011, Ponpes. Al Luqmaniyyah diasuh oleh istri beliau yakni Ibu Nyai Hj. Siti Chamnah dengan dibantu oleh sanak keluarga beliau.

Pada bulan Januari tahun 2016, Ibu Nyai Hj. Siti Chamnah dinikahkan dengan Abah Kyai Na’im Salimi (adik kandung Al Marhum Al Maghfurlah Abah Kyai Najib Salimi), dengan demikian kepengasuhan Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah dilanjutkan oleh Abah Kyai Na’im Salimi. Dari segi materi pendidikan, Ponpes Al-Luqmaniyyah memiliki karakter yang mirip dengan sistem yang dipakai di API Tegalrejo, Magelang.

Sebagai salah satu contoh, Ponpes Al-Luqmaniyyah sangat menganjurkan para santrinya untuk mujahadah dan riyadloh sebagai sarana untuk mempersiapkan diri menerima ilmu yang bermanfaat. Setiap setelah maghrib dan sebelum subuh selalu terdengar lantunan dzikir mujahadah di masjid untuk santri putra dan Aula untuk santri putri Ponpes Al-Luqmaniyyah.

Pondok pesantren Al Luqmaniyyah menempati lokasi seluas 1.250 m2 di dukuh Kalangan, kelurahan Pandean, kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta, dengan beberapa bangunan seperti masjid, kantor putra, kantor putri, aula, dapur, kamar sehat, kantin, 22 unit kamar mandi, 4 ruang kelas, satu bangunan untuk pengasuh dan muassis pondok, 12 kamar untuk santri putra, dan 12 kamar untuk santri putri.

Pengasuh
1. KH. Najib Salimi
2. Nyai Hj. Siti Chamnah
3. Kyai Na’im Salimi

 

Unit Pendidikan
Di pondok pesantren ini, jenjang pendidikan yang diselenggarakan adalah sampai pada tingkat VI. Adapun waktu tempuhnya adalah masing-masing selama satu tahun pelajaran. Tahun pelajaran pesantren dibagi menjadi 2 semester. Semester ganjil dimulai pada bulan Syawwal dan berakhir pada bulan Safar, sedangkan semester genap dimulai pada bulan Rabi’ul Awwal dan berakhir bulan Sya’ban.
Pendidikan di Ponpes Al-Luqmaniyyah juga menerapkan evaluasi di setiap akhir semesternya. Berikut ini materi pendidikan yang diberikan di Pondok Al-Luqmaniyyah untuk masing-masing jenjang kelas (tingkat):

1. Kelas I’dady
Al-Qur’anSyifa’ul Jinan & Fathul  MannanJurmiyyah JawanMabadi’ FiqihAqidatul ‘AwwamSyi’ir Ala LaaKhulashoh Nurul Yaqiin 1 & 2
2. Kelas Jurumiyyah
JurumiyyahSafinatunnajaTashrif MuqaddimahTa’limul  Muta’alimArba’in NawawyKhulashoh Nurul Yaqin 3.
3. Kelas Imrithy
ImrithyShorf TegalrejoTausyih ‘ala Fathil QaribKifayatul ‘AwwamAdabul ‘Alim wal Muta’allimBulughul Maram
4. Kelas Alfiyyah I
Alfiyyah Ibnu Aqil II’anatut Thalibin I, Syarh Waraqat, Ummul Barahin, Tafsir Jalalalain IQawa’idul Asasiyah
5. Kelas Alfiyyah II
Alfiyyah Ibnu Aqil III’anatut Thalibin II, Tafsir Jalalalain IITaisir  M. Hadits, Mafahim Yajibu An Tushohhah
6. Kelas Takhtim
Jauharul MaknunIhya’ UlumuddinShahih Bukhori, Mafahim Yajibu An Tushohhah, Bughyatul Mustarsyidin Setiap akhir tahun pembelajaran diadakan ujian terbuka Munaqasah kitab Alfiyyah Ibnu Aqil. Munaqasah diikuti oleh santri kelas Alfiyyah II yang sebelumnya telah mengkhatamkan kitab tersebut. Munaqasah ini diadakan untuk menguji seberapa jauh pendalaman santri terhadap ilmu alat (Nahwu dan Sharf).

Ekstrakurikuler
1. Seni baca al-Qur’an
2. Kajian Kitab Kuning
3. Seni Hadroh
4. Khitabah
5. Penerbitan Buletin
6. Pengembangan Bahasa Asing (Arab dan Inggris)
7. Pengembangan TI
8. Olah Raga
9. Jurnalistik
10. Beberapa Keterampilan yang Aplikatif dan Produktif.



Hadrah di pesantren Al-Luqmaniyyah


Pengajian rutin di pesantren Al-Luqmaniyyah

Fasilitas
1. Asrama Santri
2. Pesantren
3. Ruang Guru dan Staff
4. Laboratorium Komputer
5. UKS
6. Masjid
7. Dapur
8. Tempat Parkir
9. Gedung Madrasah


Masjid di pesantren Al-Luqmaniyyah

Gedung pesantren di pesantren Al-Luqmaniyyah

Alamat
Dukuh Kalangan, Kelurahan Pandean, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta
Kode Pos: 55161
Telepon (0274) 377838 

 
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi:  https://al-luqmaniyyah.id/

 
 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.