Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo, Magelang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium5
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo, Magelang

Profil

Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo didirikan pada tanggal 15 September 1944 oleh KH. Chudlori, seorang ulama yang juga berasal dari desa Tegalrejo. Beliau adalah menantu dari Mbah Dalhar (KH. Nahrowi) pengasuh Pondok Pesantren Darus Salam Watucongol Muntilan Magelang. Pada tahun 1947 ditetapkan nama pesantrennya adalah Asrama Perguruan Islam (API) yang merupakan hasil dari shalat Istikharoh.

Dengan lahirnya nama Asrama Perguruan Islam, beliau berharap agar para santrinya kelak di masyarakat mampu dan mau menjadi guru yang mengajarkan dan mengembangkan syariat-syariat Islam.Adapun yang melatar belakangi berdirinya Asrama Perguruan Islam adalah adanya semangat jihad Ii i’lai kalimatillah yang mengkristal dalam jiwa sang pendiri itu sendiri.

Berkat ketegaran dan keuletan Simbah Chudlori dalam upayanya mewujudkan Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam baik secara dhohir maupun batin, santri yang pada awal berdirinya hanya berjumlah delapan orang, tiga tahun kemudian sudah mencapai sekitar 100-an. Setelah melewati zaman penjajahan Belanda yang memprihatinkan,  pada tahun 1977 jumlah santri sudah mencapai sekitar 1500-an.

Kyai Chudhori dipanggil kerahmatullah (wafat) pada tahun 1977, sehingga kegiatanta’lim wataalum terpaksa diambil alih oleh putra sulungnya yaitu KH. Abdurrohman Ch. dengan dibantu oleh putra keduanya yaitu Bp. Achmad Muhammad. API pada awal periode KH. Abdurrohman Ch. jumlah santri menurun drastis, sehingga pada tahun 1980 tinggal sekitar 760-an.

Akan tetapi nampak keuletan dan kegigihan Simbah Chudhori telah diwariskan kepada putra-putranya yaitu KH. Abdurrohman Ch dan adik-adiknya, sehingga jumlah santri bisa kembali meningkat, yang sampai pada tahun 1992 menurut catatan sekretaris jumlah santri mencapai 2.698 anak.
Tepat pada tanggal 10 Rabi’ul Awwal 1430 H Al Karim ibnal Karim Ahmad Muhammad meninggal dunia yang kurang lebih satu tahun kedepannya disusul meninggalnya KH. Abdurrahman yaitu pada tanggal 24 Januari 2011. Jasa-jasa keduanya dalam menghidupkan dan melestarikan ajaran Islam di pesantren sungguh sangat banyak dan mulia sehingga mengantarkan nama harum bagi pesantren, masyarakat,  negara dan agama. Tradisi kepemimpinan dalam pesantren dibebankan pada adik-adik dan seluruh keluarga.

Lewat bimbingan dan pantauan dari Simbah Nyai Chudlori, pesantren API sekarang diasuh oleh putra beliau yakni KH. Mudrik Chudlori dan KH. Chanif Chudlori sebagai pengasuh utama dengan dibantu oleh adik-adiknya. Jumlah santri pada tahun 2014 kurang lebih mencapai sekitar 5.000 santri dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Semoga semakin ke depan pesantren API Tegalrejo tetap eksis dalam mencetak kader-kader yang mampu berkecimpung di masyarakat, Amien.

Dan saat ini telah didirikan SMP & SMK Syubbanul Wathon dibawah naungan Yayasan Syubbanul Wathon. Sekolah yang berdiri pada tahun 2010 dan diresmikan pada tanggal 6 Maret 2011 oleh Menteri Pendidikan Nasional Bapak Prof. Dr. Muhamad Nuh, DEA ini berada dibawah naungan Yayasan Syubbanul Wathon, yayasan yang diprakarsai oleh Almarhum Almaghfurlah KH.

Abdurrachman Chudlori dan dinahkodai adik bungsu beliau KH. M. Yusuf Chudlori. SMP & SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo merupakan salah satu dari 151 sekolah di Indonesia yang menjadi Pilot Project Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementrian Agama RI sebagai Sekolah Berbasis Pesantren (SBP) yang berangkat dari kegelisahan para petinggi di dua Kementrian tersebut atas kondisi lembaga-lembaga pendidikan formal yang belum maksimal dalam membentuk “produk” yang berkarakter kebangsaan dan ke-Indonesiaan dengan slogan “One Stop Education” kami belajar untuk menjadi yang terbaik and Happy Dunia Akherat.
Wirusaha Mandiri Pesantren Enterpreneurship
Workshop kewirausahaan bagi santri pondok pesantren di Magelang digelar di Asrama Perguruan Islam (API) Pondok Pesantren Salaf Tegalrejo Magelang, Rabu (20/6). Acara ini dibuka Abdul Rochman, Direktur Institusional Banking Bank Mandiri, dan dihadiri Bupati Magelang Ir H Singgih Sanyoto, Miftah Faqih (Sekjen Rabithah Ma'ahd Islamiyah), KHM Yusuf Chudori atau Gus Yusuf.

Workshop digelar diantaranya untuk memupuk semangat kewirausahaan di lingkungan pesantren. Dalam workshop ini para santri memperoleh materi mengenai peluang wirausaha sesuai potensi yang ada di lingkungan sekitar pesantren dan tips-tips berwirausaha dari beberapa pihak.

Kepada wartawan, Gus Yusuf mengatakan workshop ini merupakan kerjasama Rabithatul Ma'ahid Islamiyah (RMI) pusat bersama Bank Mandiri. Selama ini, lanjutnya, para santri sudah disiapkan menjadi wirausahawan melalui pelatihan-pelatihan kewirausahaan.

Selain itu juga sudah didirikan satu unit bagian pendidikan dengan nama "Pesantren Enterprenuer" yang bertujuan untuk menyerap ilmu dan pengalaman dari seluruh lapisan masyarakat kalangan pengusaha.

KH. Abdurrahman Wahid atau yang sering akrab dipanggil dengan Gus Dur yang memiliki segudang prestasi baik nasional maupun internasional adalah alumni pesantren API Tegalrejo Magelang.

Pendiri
KH. Chudlori

Pengasuh
1. KH. Chudlori
2. KH. Abdurrohman Chudlori
3. KH. M Yusuf Chudori

Pendidikan

Pendidikan Formal
SMP, SMA, dan SMK Syubbanul Wathon. SMP  SMK  SMA SMK Syubbanul Wathon adalah sebuah lembaga pendidikan kejuruan di lingkungan Pesantren salafiyyah API Tegalrejo Magelang yang bergerak di bidang IT (Information Technologi) dan dikelola oleh Yayasan Syubbanul Wathon. SMK berbasis pesantren yang terletak dikaki gunung merapi ini merupakan sebuah wujud kepedulian pesantren API Tegalrejo akan pentingnya pengembangan keilmuan yang mengedepankan akhlaqul karimah.

Pendidikan Salaf
Adapun program pendidikan (salaf) yang diselenggarakan sejak dahulu menggunakan sistem klasikal. Bentuk pendidikan yang ada berupa madrasah yang terdiri dari 7 kelas. Kurikulum yang dipakai di kelas 1 sampai kelas terakhir secara berjenjang mempelajari khusus ilmu agama, baik itu fikih, aqidah, akhlaq, tasawuf dan ilmu alat (nahwu dan sharaf) yang semuanya dengan kita berbahasa Arab. Kitab-kitab yang diajarkan di bidang fikih antara lain safinatun- Najah, fathul Qarib, Minhajul Qowim, Fathul Wahhab, al- Mahalli, Fathul Mu’in, dan Uqdatul-Farid. Di bidang ushul fiqh antara lin Faraidul – Bahiyah. Di bidang tauhid antara lain ‘Aqidatul ‘Awam. Dan dibidang akhlaq / Tasawwuf antara lin kitab Ihya Ulumuddin. Kelas satu sampai dengan tujuh di PP Tegalrejo, oleh masyarkat lebih dikenal dengan nama kitan yang dipelajari , seperti di tingkat I dikenal Jurumiyah Jawan, tingkat II dengan nama Jurumiyah, tingkat III dengan nama Fathul Qarib, tingkat IV dengan Alfiyah, tingkat V dengan Fathul Wahab, tingkat VI dengan Al Mahalli, tingkat VII dengan Fathul Mu’in dan di tingkat VIII dengan Ihayah Ulumuddin

Ekstrakurikuler

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut
 1. Seni baca Al-Qur’an dan tahfiz Al-Qur’an
 2. Kajian kitab kuning
 3. Seni kaligrafi Al-Qur’an
 4. Bahtsul Masa'il
 5. Hadrah
 6. Muhadharah tiga bahasa (Arab, Inggris dan Indonesia)
 7.  Kursus bahasa Arab dan Inggris
 8. Morning conversation
 9. Olah Raga: Senam, Sepakbola, Voli, Basket, Badminton, Tenis meja, Seni beladiri
 10. Pramuka
 11. PBB
 12. PMR
 13. Drum Band
 14. Teater
 15. Ketrampilan tangan/Handycraft
 16. Pelatihan Komputer
 17. Pelatihan Wirausaha


Bahtsul Masa'il di pesantren API Tegalrejo


Praktek menjahit di pesantren API Tegalrejo

Fasilitas

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Masjid
2. Asrama putra dan putri terpisah
3. Koperasi
4. Kantin
5. Kantor
6. Gedung-gedung Sekolah dan Madrasah
7. Mess guru
8. Pengolahan air bersih
9. Klinik kesehatan
10. Perpustakaan
11. Lapangan serbaguna
12. Perpustakaan
13. Gudang
14. Sanitasi/MCK
15. Laboratorium Komputer
16. Laboratorium bahasa asing
17. Laboratorium IPA
18. Laboratorium praktek multimedia
19. Laboratorium Tata Busana
20 .Parkir mobil dan motor


Gedung pesantren di pesantren API Tegalrejo

Laboratorium praktek tata busana di pesantren API Tegalrejo
 

Alamat

Desa Tegalrejo, Kecamatan Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah 56192, Indonesia
Telepon:
(0293) 314-9001, 362-903

 Biografi KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur)
   
   

 

KUNJUNGI JUGA

 

 
 

Relasi Pesantren Lainnya