Hikmah

 

Hancurkan Penyakit Bangga Diri

Rasa bangga terhadap diri sendiri adalah salah satu penyakit hati yang sering menyertai manusia. Penyakit ini tidak mengenal status sosial, profesi, atau latar belakang seseorang.

Empat Hal Dalam Diri Manusia

Dalam diri setiap manusia terdapat empat hal yang tidak dapat dipisahkan dari satu sama lain, yaitu Harapan, Keinginan, Kegelisahan, dan Penderitaan. Siapapun mereka, sekaya apapun mereka, dan semiskin apapun mereka, empati hal tersebut pasti ada dalam diri manusia.

Belajar dari Kesalahan

Kelemahan manusia tidak hanya terbatas pada fisiknya, tetapi juga pada aspek mentalnya. Manusia memiliki kecenderungan untuk terjerumus dalam perbuatan dosa dan noda karena kondisi labil yang dimilikinya.

Menata Hati Sebelum Ajal Menghampiri

Wejangan leluhur kita terdahulu “Noto Ati atau Menata Hati” adalah kemampuan seseorang untuk menjaga kestabilan emosi, berlapang dada dan menerima orang lain dengan segala kelebihan dan kekurangannya, merupakan konsep yang sangat penting dalam kehidupan ini.

Naudzubillah! Rakus Perkara Warisan

Seburuk-buruk tipe manusia adalah orang yang jika hatinya rakus, langsung mencuri. Jika sudah kenyang, berbuat dosa. Jika kurang puas, terus menggerogoti. Jika telah merasa tercukupi, bertindak tidak senonoh.

Merasa Paling Berjasa

Perasaan diri yang berlebihan atau yang sering disebut sebagai penyakit hati yang akut dapat berdampak buruk pada seseorang, bahkan bisa berujung pada kematian.

Apa Tujuan Belajar Agama

Agama seharusnya mengajarkan kita untuk menjadi lebih lembut berkasih sayang pada sesama, rendah hati, serta menebar manfaat di muka bumi. Jika setelah belajar agama, sikap dan perilaku seseorang justru semakin buruk, maka ada yang salah dalam proses belajarnya.

Kunci Ketenangan Hati

Ketenangan hati adalah keadaan di mana kita merasa damai dan tenang dalam pikiran, emosi, dan jiwa kita.

Serem Banget! Mati Dalam Kondisi Mabuk

Apa yang terjadi setelah seseorang mati dalam kondisi mabuk? Apakah ada hukuman yang menanti di kuburnya?

Hati-Hati dengan Hati

Orang yang hatinya sakit akan sulit untuk bersikap jujur dan akan merasa iri terhadap kesuksesan orang lain.

Menampilkan 11 - 20 dari 1.986 Hikmah