Artikel

 

Biografi KH. M. Anwar Iskandar, Pendiri Pesantren Al-Amien Ngasinan, Kediri

Untuk mewujudkan keinginannya, KH. Muh. Anwar Iskandar berjuang agar berguna bagi agama, masyarakat, bangsa dan membekali generasi muda agar tidak kosong nilai (memiliki ilmu dan akhlak), fondasi agama dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Pesantren Al-Amin Kapuas, Kalimantan Tengah

Dari sebuah pengajian biasa pada tahun 1996 di Sekolah Menengah Pertanian yang kini menjadi SMK Negeri 3 Kuala Kapuas, beberapa pengajar dari Pulau Jawa dan pemuda-pemuda Kapuas memprakarsai berdirinya Yayasan Islam Al-Amin Kapuas pada tanggal 8 Februari 1996, yang diprakarsai oleh dr. Ceva Wicaksono Pitoyo.

Tahun 1456 M: Kisah Drakula dan Hubungannya dengan Dunia Islam

Pertama-tama, apakah Anda pernah bertanya-tanya tentang kisah di balik legenda Drakula? Dibalik bayang-bayang kegelapan dan mitos yang melingkupi namanya, ada sebuah cerita yang mengaitkannya dengan sebuah periode bersejarah yang penuh warna.

Gus Baha: Kisah Kaisar Hiraklius yang Mengakui Kenabian Nabi Muhammad SAW

“Kalau saja tadi kamu (Abu Sufyan) bilang bahwa dia (Nabi Muhammad) anak raja, pasti dia pembohong. Berarti dia ingin membuat perubahan, revolusi, atau kegiatan baru. Seandainya kamu mengatakan bahwa Muhammad pernah berbohong, maka dia bukan nabi, sebab seorang nabi sejak kecil sudah ditakdirkan tidak pernah berbohong"

Perempuan yang Menaruh Kecintaannya pada Ilmu

Perempuan itu menjawab, "Saya takut tidak bisa memberi hak suami sebagaimana mestinya. Kalaupun sikap saya tidak disetujui keluarga, saya siap menikah tapi dengan syarat."

Tiga Golongan Pencari Ilmu Menurut Imam Al-Ghazali

Rasulullah SAW menjadi uswatun hasanah, sebab akhlaknya dalam konsep perilaku. Selaras antara perkataan dan perbuatan. Beliau melakukan apa yang beliau sampaikan, bahkan sering kali melakukan terlebih dahulu sebelum menyampaikannya.

Biografi Syaikhona Kholil Bangkalan

Syekhona Kholil Al-Bangkalani berasal dari keluarga ulama. Ayahnya, KH Abdul Lathif, mempunyai pertalian darah dengan Sunan Gunung Jati. Ayah Abdul Lathif adalah Kyai Hamim, putra dari Kyai Abdul Karim bin Kyai Muharram bin Kyai Asror Karomah bin Kyai Abdullah bin Sayyid Sulaiman Basyeiban

Biografi KH. Ma’ruf Zubair, Pengajar di Pesantren Ma'hadu 'Ulum Asy-Syar'Iyyah (MUS) Rembang

KH. Ma’ruf Zubair lahir pada tanggal 22 Mei 1958 M (3 Dlulqo’dah 1377 H) di Sarang. KH. Ma’ruf Zubair tidak menikmati indahnya kasih sayang dari Sang Ayahhanda karena di usianya yang masih sangat belia, beliau ditinggal wafat sang Ayahhanda, KH. Zubair Dahlan.

Kisah Unik Karomah Habib Sholeh Tanggul dalam Menurunkan Hujan tapi Dihentikan Oleh Habib Hadi bin Abdullah Al-Haddar

Banyak kisah tentang karomah para wali yang tidak jarang disaksikan langsung oleh orang lain. Memang seorang wali itu adalah kekasih Allah SWT, maka tidak heran jika anugerah berupa karomah atau keutamaan dari Allah yang dilimpahkan kepada kekasihnya itu.

Biografi Abuya H. Ibrahim, Muasis Pesantren Maulana Yusuf Lebak

Abuya H. Ibrahim, lahir di Sawarna sekitar tahun 1890, beliau merupakan putera dari KH. Ahmad (Sawarna) dan Hj. Zahroh (Bayah).

Menampilkan 21 - 30 dari 13.136 Artikel