Artikel

 

Menelusuri Perjalanan Hidup Ibn Sina: Dari Anak Cerdas Hingga Ilmuwan Besar

Ibn Sina (980-1037) dikenal sebagai Avicenna di Dunia Barat adalah seorang filsuf, ilmuwan, dan juga dokter kelahiran Persia. Ia juga seorang penulis yang produktif di mana sebagian besar karyanya adalah tentang filosofi dan pengobatan.

Riwayat Keberkahan Memajang Foto Habib Sholeh Tanggul

Ketika seorang wali yang dekat dengan Allah SWT memohon suatu hal agar dikabulkan, maka meskipun tampaknya hal itu aneh, tetap saja bagi Allah SWT hal itu biasa saja dan bisa saja terjadi.

Biografi KH. R. Muhammad Hambali Sumardi, Pendiri Pesantren Najahut Tholabah Kudus

Dengan berbekal keilmuan agama yang KH. R. Muhammad Hambali miliki sewaktu belajar di berbagai pesantren, beliau memutuskan untuk mendirikan pondok pesantren, dengan nama Pondok Pesantren Najahut Tholabah.

Biografi KH. A. Rifa’i Romly Mojoagung, Jombang

KH. A. Rifa’i Romly adalah sosok yang sangat bersahaja, memandang hidup apa adanya sehingga terkesan tanpa beban. Kalau berceramah kerap kali menggunakan bahasa yang elementer dan akrab dengan bahasa harian orang-orang Jawa Timur, karenanya mudah dipahami mulai dari jamaah Tarekat Qodiriyah Wa Naqsyabandiyah maupun santri-santri Darul Ulum.

Fakta R.A. Kartini Terinspirasi Karya Mbah Sholeh Darat

Adalah fakta sejarah, bahwa R.A. Kartini adalah sosok yang mengusulkan ditulisnya tafsir Al-Qur'an berbahasa daerah pertama di Nusantara oleh sang guru dari gurunya ulama Nusantara, KH. Sholeh Darat.

Biografi KH. (Mama Cibaduyut), Muasis Pesantren ar-Rasyid Cibaduyut

Syekh Kyai Haji Raden Muhammad Zarkasyi, dikenal sebagai Mama Eyang Cibaduyut. Beliau putra dari KH. Rd. Muhammad Ali atau Mama Antapani. Mama Eyang Cibaduyut, lahir 16 Syawal 1285 H/1864

Biografi KH. Nurcholis Misbah, Muasis Pesantren Modern al-Amanah Sidoarjo

KH. Nurcholis Misbah atau lebih dikenal dengan panggilan “Cak Nur” lahir pada tanggal 15 Agustus 1959 di Sumbersari, Kediri. Ayahnya bernama Misbah. Awalnya nama beliau hanya Nurcholis yang artinya cahaya yang bersih.

Tahun 680-683 M: Jejak Peradaban Dunia di Masa Khalifah Kedua Bani Umayyah

Periode tahun 680-683 M merupakan rentang waktu yang sangat menarik untuk dipelajari lebih lanjut, terutama dalam konteks sejarah peradaban Islam dan dunia pada masa itu.

Ziarah di Makam KH. Achmad Damanhuri Ya’qub, Pendiri Pesantren Darussalam Subah, Batang

KH. Achmad Damanhuri Ya’qub terlahir dengan nama Achmad Dzahabi di Kemiri Barat pada tanggal 3 Juni 1938. Ayahnya bernama Ya’qub adalah seorang petani tembakau yang sangat ulet dan ibunya bernama Siti Habibah.

Ketika Takdir Bertemu Keajaiban: Kisah Inspiratif Fatimah dan Perubahan Abdul Hakim Murad

Kisah sederhana tentang kebijaksanaan dan keyakinan seorang wanita miskin telah menjadi cahaya yang membawa pandangan baru bagi seorang ateis yang skeptis

Menampilkan 11 - 20 dari 13.132 Artikel