Tafsir Al- Mishbah Jilid 8

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab641
PengarangProf. Dr. M.Quraish ShihabTahun Terbit Masehi/Hijriah2002 M/1423 H
PenerbitLentera HatiFan/KategoriTafsir Al-Qur'an
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Prof. Dr. M.Quraish Shihab
Pada Jilid Ke-Delapan Menjelaskan Tentang Tafsir Surah Al-Kahf, Maryam , Thaha, Al-Anbiya.
Surah Al-Kahf
Surah ini terdiri atas 110 ayat. Surah ini dinamakan “AL-KAHF” yang berarti “Gua ”, surah ini juga dinamakan dengan “ASHHABUL KAHF” artinya “Penghuni-penghuni Gua”, diambil dari kisah surah ini pada ayat 9 sampai 26. Surah ini dinamai surah Al-Kahf yang secara harfiah berarti gua. Nama tersebut diambil dari kisah sekelompok pemuda yang menyingkir dari gangguan penguasa zamannya, lalu tertidur di dalam gua selama tiga ratus tahun lebih. Nama tersebut dikenal sejak masa Rasul SAW, bahkan beliau sendiri menamainya demikian. Beliau bersabda: “Siapa yang menghafal sepuluh ayat dari awal surah Al-Kahf maka dia terpelihara dari fitnah Ad-Dajjal.” (HR. Muslim dan Abu Daud melalui Abu Ad-Darda’).

SURAH MARYAM  Surah ini terdiri atas 98 ayat. Surah ini dinamakan “MARYAM” karena mengandung kisah Maryam, ibu Nabi ‘Isa As. Al-Biqa‘i berpendapat bahwa tema utama surah ini adalah penjelasan tentang cakupan rahmat dan limpahan karunia Allah SWT atas semua makhluk-Nya, yang pada gilirannya membuktikan bahwa Allah SWT menyandang semua sifat sempurna serta berkuasa menciptakan hal-hal yang ajaib sehingga terbukti pula kekuasaan-Nya membangkitkan manusia setelah kematian mereka. Di samping itu terbukti pula kemahasucian-Nya dari anak dan sekutu, karena siapa yang telah terbukti keluasan kekuasaan-Nya dan kesempurnaan sifat-sifat-Nya, maka pasti Dia tidak membutuhkan anak. Dari makna-makna itulah sehingga surah ini dinamai surah Maryam karena melalui kisahnya terbukti kemahakuasaan Allah serta kemahaluasan ilmu-Nya.

SURAH THAHA Surah ini terdiri atas 135 ayat. Surah ini dinamakan “THAHA ” yang diambil dari perkataan yang berasal dari ayat pertama surah ini. Surah ini dinamai surah Thaha, nama yang telah dikenal sejak awal masa Islam. Ada juga yang menamainya surah Al-Kalim, yakni mitra bicara. Mitra bicara yang dimaksud di sini adalah Nabi Musa As. yang menerima wahyu dan mendengar firman-firman Allah secara langsung tanpa perantara malaikat. Memang dalam surah ini, cukup banyak uraian tentang Nabi Musa As., antara lain tentang firman Allah yang beliau terima dalam perjalanan bersama keluarganya dari Madyan menuju ke Mesir.

SURAH AL-ANBIYA’ Surah ini terdiri atas 112 ayat. Surah ini dinamakan “AL-ANBIYA’ ” yang berarti “Nabi-Nabi” karena surah ini mengutarakan kisah beberapa orang Nabi. Surah ini dinamai surah Al-Anbiya’. Nama tersebut telah dikenal sejak masa sahabat Nabi SAW,  Imam Bukhari meriwayatkan ucapan Ibn Mas‘ud yang menyebut nama surah Al-Anbiya’ bersama surah Al-Isra’, Al-Kahf, Maryam dan Thaha dan menilainya sebagai surah-surah pertama yang turun.


Terimakasih telah membaca Kitab  Tafsir Al- Mishbah Jilid 8,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. 
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

Tafsir Al- Mishbah Jilid 8 (PDF)

 

PENULIS              

:

Prof. Dr. M.Quraish Shihab

 

 

PENERJEMAH   

:

---------------

     

 

PENERBIT           

:

Lentera Hati

   

 

TAHUN                

:

 2002M / 1423H

       

 

Tebal                  

:

490 halaman (PDF)

       

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!