Tafsir Al- Mishbah Jilid 6

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab639
PengarangProf. Dr. M.Quraish ShihabTahun Terbit Masehi/Hijriah2002 M/1423 H
PenerbitLentera HatiFan/KategoriTafsir Al-Qur'an
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Prof. Dr. M.Quraish Shihab
Pada Jilid Ke-Enam Menjelaskan Tentang Tafsir Surah Yunus, Hud, Yusuf, Ar-Ra’d.
Surah Yunus
terdiri dari 109 ayat. Surah ini dinamakan YUNUS,karena surah ini memuat kisah tentang Nabi Yunus As. Dan para pengikutnya. Surah ini merupakan wahyu ke 51 dari urutan surah-surah Al-Qur’an yang diterima Rasul SAW. Ia turun sesudah surah Al-Isra’ dan sebelum surah Hud. Thahir Ibn ‘Asyur memperkirakan bahwa surah ini turun pada tahun XI (sebelas) setelah keNabian atau sekitar dua tahun sebelum beliau berhijrah ke Madinah. Penamaan surah ini dengan surah Yunus karena kisah kaum Nabi tersebut disebut di sini, apalagi kaum Nabi Yunus As mempunyai pengalaman tersendiri, yaitu mereka tidak seperti umat Nabi-Nabi sebelumnya yang ketika diancam tetap membangkang.

Surah Hud terdiri dari 123 ayat. Surah ini dinamakan HUD, karena surah ini memuat kisah tentang Nabi Hud As. dan kaumnya.
Surah ini dinamai surah Hud, karena di dalamnya terulang nama Nabi Hud As. sebanyak lima kali, dan uraian menyangkut kisah beliau merupakan uraian yang terpanjang bila dibandingkan dengan uraian-uraian tentang beliau di surah-surah yang lain. Surah ini berbicara tentang kedudukan, keistimewaan serta tantangan Al-Qur’an, larangan mempersekutukan Allah SWT. dan bahwa Nabi Muhammad SAW. adalah Rasul yang bertugas menyampaikan berita gembira dan peringatan, khususnya menyangkut hari Kebangkitan. Surah ini juga menguraikan tentang pengetahuan Allah SWT., penciptaan, pengaturan dan pengendalian-Nya terhadap alam raya dan semua makhluk serta uraian tentang kebinasaan para pembangkang dan aneka tuntunan bagi yang taat. Ia merupakan satu-satunya surah yang menguraikan peristiwa air bah yang menenggelamkan kaum Nabi Nuh As.

Surah Yusuf terdiri dari 111 ayat. Surah ini dinamakan YUSUF, karena surah ini memuat kisah tentang Nabi Yusuf As. Surah Yusuf turun di Mekah sebelum Nabi SAW berhijrah ke Madinah. Situasi dakwah ketika itu serupa dengan situasi turunnya surah Yunus, yakni sangat kritis, khususnya setelah peristiwa Isra’ dan Mi'raj di mana sekian banyak yang meragukan pengalaman Nabi SAW itu; bahkan sebagian yang lemah imannya menjadi murtad. Di sisi lain, jiwa Nabi Muhammad SAW sedang diliputi oleh kesedihan, karena istri beliau, Sayyidah Khadijah R.A., dan paman beliau, Abu Thalib, baru saja wafat. Nah, dalam situasi semacam itulah turun surah ini untuk menguatkan hati Nabi SAW.

Surah Ar-Ra‘d terdiri dari 43 ayat. Surah ini dinamakan AR-RA‘D yang berarti “Guruh ” diambil dari ayat 13. Tema utama surah ini adalah uraian tentang kebenaran Al-Qur’an dan bahwa ia adalah bukti kebenaran dan risalah Nabi Muhammad SAW. Tuduhan yang tidak beralasan dari kaum musyrikin tidaklah pada tempatnya dihiraukan, bahkan tidak pada tempatnya diucapkan.

Terimakasih telah membaca Kitab  Tafsir Al- Mishbah Jilid 6,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. 
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

Tafsir Al- Mishbah Jilid 6 (PDF)

 

PENULIS              

:

Prof. Dr. M.Quraish Shihab

 

 

PENERJEMAH   

:

---------------

     

 

PENERBIT           

:

Lentera Hati

   

 

TAHUN                

:

 2002M / 1423H

       

 

Tebal                  

:

604 halaman (PDF)

       

 

                         

 

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!