Kitab Syarakh Fathul Qorib Makna Pesantren

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab633
PengarangSyekh Ibnul Qosim Al-GhoziTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitFan/KategoriFiqh
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Syekh Muhammad bin Qosim Al-Ghazi (918 H/1512 M). Beliau merupakan penulis syarah (penjelas) dari kitab matan Taqrib yang dikarang oleh Imam Syekh Ahmad bin Husein atau dikenal dengan sebutan Abu Syuja’. Kitab ini disusun berdasarkan tradisi mazhab Syafi’iyyah.

Syekh Abu Syuja’ menulis Matan Taqrib sebab atas permintaan para murid dan teman–temannya. Tujuan penyususn kitab ini supaya orang yang belajar ilmu fiqh dapat mengetahui hukum agama secara singkat dan mudah. Banyak ulama setelah era Imam Abu Syuja’ yang menyusun kitab syarah atas Taqrib miliknya, termasuk salah satunya yaitu Syekh Muhammad Al-Ghazi.

Kitab ini  paling populer di kalangan santri pesantren seluruh pelosok Indonesia. Belum diketahui secara pasti mulai kapan kitab ini dikaji di Indonesia. Syarakh Taqrib digunakan oleh banyak pondok pesantren karena isi bab-babnya ringkas dan padat pembahasannya. Di samping itu juga diksi dan susunan kalimat kitab ini mudah dipahami bagi yang baru belajar membaca kitab kuning. Matan Taqrib yang diuraikan dalam Syarah Fathul Qarib secara umum membahas rukun Islam dan hal-hal yang berkaitan dengan bidang muamalah.

Terimakasih telah membaca Kitab Syarakh Fathul Qorib makna Pesantren,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. 
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

 Kitab Syarakh Fathul Qorib Makna Pesantren (PDF)

 

PENULIS              

:

Syekh Ibnul Qosim Al-Ghozi

 

 

PENERJEMAH   

:

---------------

     

 

PENERBIT           

:

     

 

TAHUN                

:

  M /  H

       

 

Tebal                  

:

73 halaman (PDF)

       

 

                         

 

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!