Artikel

 

Kisah Pangersa Abah Anom QS dan Seorang Penjudi

Pangersa Ajengan Aang Muhaiminul Aziz ra bercerita bahwa dulu pernah ada seseorang yang kalah main judi melintas di depan Madrasah Pontren Suryalaya. Pakaiannya sampai habis semua hanya menyisakan celana pendek yang masih dipakainya.

Ikhtiar Melembutkan Hati Anak

Oleh karena itu, perlu ada ikhtiar ekstraordinari agar anak memiliki hati yang lembut, patuh pada orangtua, dan mudah diatur. Ada tiga cara yang harus orangtua lakukan sebagai ikhtiar agar anak menjadi pribadi yang baik.

Apa Salahnya Menghormati Komunitas Baha'i?

Munculnya KH Yaqut Cholil Qoumas memberi angin segar. Beliau sedari awal telah menegaskan dirinya adalah menteri semua agama. Bukan hanya menteri dari satu agama tertentu saja.

Setelah Kiamat, Apakah Tuhan Akan Pensiun?

Apakah dalam agama, ada settingan, Tuhan akan pernah mengalami masa pensiun? Artinya, setelah kiamat datang, langit bumi digulung.Setelah itu selesai, Tuhan tidak berperan sebagai Pencipta lagi?

Sirah Sahabat Nabi Muhammad SAW

Dalam perang Uhud, ketika pasukan muslim porak poranda karena sebagian besar pemanah meninggalkan posnya, seorang sahabat melihat Hamzah didekat sebuah pohon sedang berdoa: "Aku adalah singa Allah dan singa Rasul-Nya

Filosofi T.I.T.I.P KH Hasan Abdullah Sahal

“Kalau mau punya anak bermental kuat, orangtua-nya harus lebih kuat, punya anak itu jangan hanya sekedar sholeh tapi juga bermanfaat untuk umat, orangtua harus berjuang lebih ikhlas, ikhlas, ikhlas,” pesan KH. Hasan Abdullah Sahal, pimpinan Pondok Gontor kepada para wali santri.

Donasi Sekarang

Rahasia Gus Dur Selalu Dirindukan

Gus Dur mencintai manusia dengan tulus. Melayani dan menggembirakan hati mereka yang luka. Itu rahasianya. Para wali yang diziarahi juga demikian. Gus Dur besar sendiri meski andai pun tak jadi presiden. Beliau lebih besar dari Presiden. 

Bedanya Santri Dulu dan Sekarang

Seandainya santri sekarang seperti santri dulu, ditambah ada gerak batin dan sekolah, maka akan lebih hebat dari santri dulu. Santri sekarang itu kurang tirakat, tidak terlalu merasakan barakah. Dulu, syubhat saja tidak mau, apalagi haram.

Manfaat Langgengkan Wudlu

Dan orang yang mudawamatul wudlu, rizqinya dilapangkan oleh Allah SWT. Maka Nabi mengatakan: “dum ala thaharah yuwassa’ alaika rizqu”; langgengkanlah berwudlu maka akan dilapangkan rizkimu.

Kisah Seorang Jamaah yang Dijemput Rasulullah

Nak, teruskan pengajian kalian, maulid kalian, kegiatan kalian bersama orang yang sanadnya langsung ke Rasulullah. Karena ibu sudah merasakan indahnya dan nikmatnya dijemput Rasulullah.