Konsultasi Psikologi: Aku Ketakutan Saat Tidur

 
Konsultasi Psikologi: Aku Ketakutan Saat Tidur

Assalamu’alaikum wr wb

Saya, mahasiswi tingkat 3. Sejak lama, saya sering tiba-tiba terbangun dari tidur, terus panik dan merasa dikejar-kejar. Kadang sambil berteriak juga, Tapi habis itu, tidur lagi. Apakah yang saya alami ini wajar ya? Dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya?

Wassalamu’alaikum wr wb

Zr

Jawaban:

Assalamu’alaikum wr. wb.

Saudari Zr yang berbahagia……semoga senantiasa dalam ketenangan batin…

Mengalami permasalahan tidur seperti itu pasti menyebabkan kondisi yang tidak nyaman. Saat tidur yang semestinya menjadi waktu buat istirahat badan kita menjadi tidak maksimal, sehingga ketika bangun tidurpun badan tidak terlalu merasa segar atau dalam kasus Anda, mungkin justru merasa capek.

Apa yang Anda alami, tampaknya mengarah ke salah satu bentuk gangguan tidur. Ada beberapa jenis gangguan tidur di antaranya insomnia, hipersomnia (kondisi tidur berlebihan), gangguan mimpi buruk, sleep walking (tidur sambil berjalan), gangguan REM (rapid eye movement), gangguan siklus sirkadia, narkolepsi (tiba-tiba tidur) dan gangguan teror tidur. Gangguan teror tidur tampaknya lebih mendekati dengan pengalaman Anda. Gangguan ini dicirikan antara lain, ketika sedang tidur tiba-tiba terbangun disertai dengan kondisi psikis yang ketakutan, cemas atau panik, juga kadang disertai teriakan. Penyebab gangguan ini biasanya berkaitan dengan permasalahan masa lalu yang belum selesai, terutama peristiwa-peristiwa traumatik. Pengalaman tersebut ada yang disadari atau tidak. Tidak jarang juga mereka yang mengalami ini merasa tidak memiliki masalah, yang artinya masalahnya masuk ke bawah sadarnya. Kondisi ini menyiratkan kondisi batin yang tidak tenang sehingga termanisfestasikan dalam tidur yang tidak tenang seperti itu.

Kunci untuk mengatasinya adalah dengan menenangkan hati dan pikiran sebelum tidur. Caranya bisa bermacam-macam. Bisa dengan rileksasi. Ambil posisi yang paling nyaman. Atur keluar masuknya nafasnya, sampai kita merasa denyut jantung itu stabil. Kosongkan pikiran dari segala macam masalah. Dan tenangkan hati. Anda bisa mendengarkan musik-musik instrumentalia yang tenang. Jangan menggunakan lagi yang bersyair, apalagi kalau Anda tahu makna syair dalam lagu tersebur. Dipastikan pikiran Anda tidak akan tenang. Atau mungkin Anda bisa mendengarkan bacaan Quran atau Sholawat. Intinya Anda membuat hati dan pikiran Anda setenang mungkin. Selain itu, berdoalah minta diberikan ketenangan hati dan pikiran kepada Allah. Biarkan Allah yang akan menenangkan hati kita. Kalau Anda bisa, setelah berdoa, berdzikirlah dalam hati dengan dzikir pendek saja misalnya “Allah…Allah…” atau “Ya Allah…Ya Allah..” atau sholawat..jangan putus-putus hingga Anda tertidur. Insya Allah dengan cara seperti itu, perlahan-lahan Anda akan menjadi tenang dan tidur Anda pun akan lebih nyenyak. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum wr wb

Salam hormat

Dr. Muhammad Fakhrurrozi, M.Psi, Psi
(Dosen Universitas Gunadarma - innozzi@yahoo.com)