KPPA Nobatkan Darul Ulum Jombang Sebagai Pesantren Ramah Anak

 
KPPA Nobatkan Darul Ulum Jombang Sebagai Pesantren Ramah Anak

LADUNI.ID, Jombang - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA), memutuskan Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang sebagai pilot project Pesantren ramah anak tingkat Provinsi Jawa Timur.

Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum, Jombang, KH Zaimuddin Asad mengatakan, keputusan itu telah disampaikan oleh Asisten Deputi Bidang Partisipasi Lembaga Keagamaan Senin kemarin (18/11/2019).

"(Keputusan itu) disaksikan Bupati Jombang, kanwil Kemenag, Kadis Perlindungan Anak Jatim dan Jombang," katanya, Selasa (19/11/2019).

KH Zaimuddin mengatakan, Pesantren Darul Ulum Jombang dinilai sebagai pesantren ramah anak karena para santrinya banyak yang merasa nyaman berada di lingkungan pesantren yang didirikan oleh KH. Tamim Irsyad pada tahun 1885 ini.

"Selain itu karena hak-haknya terpenuhi, baik hak untuk mengembangkan minat bakat, hak hidup sehat, maupun hak memperoleh kasih sayang dari senior, guru, ustaz, hingga pengasuhnya," paparnya.

Laki-laki yang biasa disapa Gus Zuem itu menjelaskan, mengapa hal itu sangat diperhitungkan dan diapresiasi, dikarenakan hak mendapat kasih sayang sangat penting bagi setiap anak.

Apalagi anak yang berada di pondok adalah berjauhan dengan orang tuanya. "Terlebih lagi, mereka dari orang tua yang tidak pernah mengenal pesantren," ujar Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang, KH Zaimuddin Asad.